Senin, 18 April 2011

bahasa indonesia 4c

kelebihan ktsp
menurut saya dengan adanya KTSP dapat mempermudah penyelenggara pendidik (sekolah) dalam menyelenggarakan pendidikan dan dapat mendorong para guru, kepala sekolah dan bagian tata usaha sekolah untuk meningkatkan kreatifitas. dan KTSP memberikan peluang yang lebih luas kepada sekolah untuk mengembangkan isi kurikulum sesuai dengan kondisi sekolah dan satuan pendidikan diberikan keleluasaan untuk menyusun dan mengembangkan silabus dan kemampuan peserta didik serta kebutuhan masyarakat sekolah.

kekurangan KTSP
menurut saya kekurangan KTSP terletak pada SDM yang kurang mampu menyetarakan KTSP dan minimnya kualitas guru dan sekolah. kurangnya sarana dan prasarana pendukung kelengkapan KTSP. dan masih banyak guru yang belum memahami KTSP secara baik, penyusunan dan prakteknya dilapangan.

5 komentar:

  1. iy, saya juga berpendapat seperti anda walapun dikomenter saya sebelum nya belum lengkap dan belum jelas pendapat saya masi banyak jawaban saya yang perlu diperbaiki, ditamba dan dikembangkan penjelasaan nya. Didalam anda memberikan penjelasan kelebihan dan kekuranggan KTSP sunggu penjelasan yang bagus.
    dengan adanya KTSP memberikan peluang- peluang bagi sekolah untuk menggembangkan kurikilum serta potensi yang mereka miliki maupun dapat memajukan daerah- daerah sekitar sekolah dan memberikan peluang dalam menggembangkan SDM maupun SDA yang ada.

    adapun kelemahan atau kekurangan KTSP kekurangan sarana dan prasarana membuat sulit berkembangnya KTSP serta potesi geru yang tidak menggerti apa itu kurikulum KTSP membuat hambatan dalam penggembangan KTSP.

    ( MARITA EKA ARIANI )

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. betul, seperti yang kita ketahui Kekuatan KTSP adalah sebagai sarana untuk mengembangkan kreativitas sekolah dan sarana mengembangkan keunggulan lokal yang dapat mendorong terjadinya proses "globalisasi lokal" di Indonesia.

    kelemahan: Kurangnya SDM yang diharapkan mampu menjabarkan KTSP pada kebanyakan satuan pendidikan yang ada

    (Meri Mayurida)

    BalasHapus
  4. indonesia 4c
    kelebihan ktsp
    mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam penyelenggarakan ,ktsp akan mengurangi beban belajar siswa, ktsp sangat memungkinkan bagi setiap sekolah ,ktsp memberikan peluang yang lebih luas pada sekolah sekolah plus untuk mengembangkan kurikulum,dirumuskan oleh sekolah masing2 ,disesuaikan dengan kemampuan sekolah,visi dan misi disesuaikan dengan kondisi


    kekurangan ktsp
    kurang sumber daya alam yang diharapkan mampu menjabarkan ktsp,masih banyak guru yang belum memahami ktsp secara komperensi baik konsep,penyusunan ,maupun praktek dilapangannya ,mengurangi ketersediaan sarana dan prasarana,penerapan ktsp yang merekomendasikan pebgurangan jam pelajaran ,standar dari pusat kadang kadang tidak sesuai dengan kondisi sekolah ,beban kerja sudah di tentukan oleh pusat

    hesti wulandary
    0900888201068

    BalasHapus
  5. kelebihan dari KTSP adalah:
    KTSP akan memberikan peluang yang lebih luas pada sekolah-sekolah plus untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan.
    Guru sebagai pengajar, pembimbing, pelatih dan pengembang kurikulum.
    Kurikulum sangat humanis,dalam memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan isi/konten kurikulum sesuai dengan kondisi sekolah, kemampuan siswa dan kondisi daerahnya masing-masing.
    Menggunakan pendekatan kompetensi yang menekankan pada pemahaman, kemampuan atau kompetensi terutama di sekolah yang berkaitan dengan pekerjaan masyarakat sekitar.
    Standar kompetensi yang memperhatikan kemampuan individu, baik kemampuan, kecakapan belajar, maupun konteks social budaya.
    Berbasis kompetensi sehingga peserta didik berada dalam proses perkembangan yang berkelanjutan dari seluruh aspek kepribadian, sebagai pemekaran terhadap potensi-potensi bawaan sesuai dengan kesempatan belajar yang ada dan diberikan oleh lingkungan.
    Pengembangan kurikulum di laksanakan secara desentralisasi (pada satuan tingkat pendidikan) sehingga pemerintah dan masyarakat bersama-sama menentukan standar pendidikan yang dituangkan dalam kurikulum.
    Satuan pendidikan diberikan keleluasaan untyuk menyususn dan mengembangkan silabus mata pelajaran sehingga dapat mengakomodasikan potensi sekolah kebutuhan dan kemampuan peserta didik, serta kebutuhan masyarakat sekitar sekolah.
    KEKURANGAN DARI KTSP YAITU:
    Kurangnya SDM yang diharapkan mampu menjabarkan KTSP pada kebanyakan satuan pendidikan yang ada.
    Kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana pendukung sebagai kelengkapan dari pelaksaan dalam KTSP.
    Masih banyak guru yang belum memahami KTSP secara komprehensif baik konsepnya, penyusunannya, maupun prakteknya dilapangan.
    Penerapan KTSP yang merekomendasikan pengurangan jam pelajaran akan berdampak berkurang pendapatan para guru.


    NAMA:KHRISTINA.SIMBOLON
    NIM :0900888201091

    BalasHapus