Kamis, 21 April 2011

Topik Diskusi Ketiga

Apakah urgensinya ditetapkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) terhadap pelaksanaan pendidikan? Apakah dengan SNP tersebut mutu pendidikan dapat ditingkatkan?

15 komentar:

  1. ditetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan Standar nasional pendidikan untuk mempertegas kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tersebut meliputi : 1. Standar kompetensi lulusan, 2. Standar isi, 3. Standar proses, 4. Standar pendidik dan tenaga kependidikan, 5. Standar sarana dan prasarana, 6. Standar pengelolaan, 7. Standar pembiayaan, serta 8. Standar penilaian.
    Salah satu yang paling mendasar dan perlu mendapatkan perhatian lebih besar dari ke-delapan standar tersebut standar pendidik dan tenaga kependidikan. dengan standar nasional pendidikan tersebut di harapkan mutu yang baik dan dapat di tingkatkan.

    gusni rahman

    BalasHapus
  2. Menurut saya ditetapkannya SNP dipelaksaan pendidikan yaitu sebagai acuan dalam pengembangan kurikulum, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana di sekolah, pengelolaan serta pembiayaan operasional. Agar dapat tercapainya dalam pengendalian dalam mutu pendidikan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.
    Yang mana telah kita ketahui SNP merupakan kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum indonesia dari sabang sampai marauke, yang dimuat dalam peraturan pemerintah No. 19 Tahun 2005.

    Dan dengan adanya SNP tersebut mutu pendidikan dapat di tingkatkan karena tanpa SNP standar mutu pendidikan tidak tercapai.
    Karena dapat meningkatkan iman dan takwa, peningkatan akhlak mulia, peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat peserta didik, karena keragaman potensi daerah dan lingkungan, tuntutan pembangunan daerah dan nasional, tuntutan dunia kerja, perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, agama, dinamika perkembangan global, persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan.

    By ;
    Erni Gusniati

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Menurut saya dengan ada SNP mutu pendidikan dapat di tingkatkan, karna SNP di gunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum, tenega kependidikan, saran dan prasarana. jadi SNP juga menjamin mutu pendidikan nasional dalam mencerdaskan bangsa. jadi dengan adanya SNP mutu pendidikan akan meningkat sesuai dengan pengembangannya.

    (Romi Eka Lizardi)

    BalasHapus
  5. Menurut pendapat saya, dengan diadakannya Standar Nasional Pendidikan (SNP)hendaknya dapat meminimalkan terhadap suatu sistem pendidikan yang ada di negara indonesia, sehingga lebih terstruktur dan terarah.
    Sedangkan mengenai mengenai mutu pendidikan;pastinya dengan adanya SNP sistem pendidikan akan lebih bermutu. karena SNP bukan hanya mengatur tentang sistem pendidikan saja melainkan banyak hal yang terkait didalamnya yang meliputi stnadar isi, proses, kompetensi kelulusan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, tenaga pendidikan dan kependidikan, penilaian. sehingga dapat menunjang tujuan pembelajaran dengan efektif dan efisien.

    ( suparjo )

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Menurut pendapat saya, dengan di tetapkannya Standar Nasional Pendidikan( SNP ) bisa ditingkatkan. karena berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu dan menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Dan juga Standar Nasional Pendidikan disempurnakan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.

    Salam Rocker_
    (Afri Rachmadi Surya)

    BalasHapus
  8. SNP perlu untuk setiap sekolah, karna Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesi., dimana sebuah kriteria bisa memaxsimalkan sebuah lulusan yang kompeten, dimana jika tak ada kriteria suatu sekolah maka proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan efektip. SNp bisa menjadi dorongan kepada tenaga pendidik untuk merancang sebuah kurikulum yang bisa mengarahkan siswa ke depan dengan mempunyai modal ilmu dan penguasaan teknologi yang bisa bersaing dengan bangsa lain. Dengan SNp mutu pendidikan pun bisa terarah yang tak kalah saing dengan bangsa lain

    ( helurno Pohan

    BalasHapus
  9. Menurut saya dengan di tetapkannya Standar Nasional Pendidikan (SNP) dalam pelaksanaan pendidikan maka adanya kewajiban-kewajiban dari sekolah-sekolah dari daerah maupun kota untuk mengejar Standar Nasional tersebut sehingga apabila SNP tercapai maka terjadi peningkatan mutu atau kualitas dalam pendidikan dan suatu sistem pendidikan dapat dikatakan bermutu atau berkualitas apabila dalam proses belajar mengajarnya dapat berlangsung secara efektif dan efisien sehingga materi ajar yang akan di sampaikan dapat sesuai dengan tujuan dan target yang telah di tetapkan. Untuk mencapai pendidikan yang bermutu dan berkualitas maka di perlukan manajemen yang dapat mengelola seluruh sumber daya dalam pendidikan.Karena seperti yang sudah kita ketahui Standar Nasional Pendidikan merupakan criteria minimal tentang system pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara kesatuan Republik Indonesia yang gunakan sebagai acuan dan tolak ukur dalam pengembang kurikulum secara Nasional serta Standar Nasional Pendidikan (SNP) sangat besar manfaatnya bagi pihak pemerintah,pelaksana maupun pemakai jasa pendidikan karena telah di tetapkannya standar-standar yang terdapat dalam PP No 19 tahun 2005 telah mencakup Standar kompetensi lulusan, Standar isi,Standar proses,Standar pendidik dan tenaga kependidikan,Standar sarana dan prasarana,Standar pengelolaan,Standar pembiayaan, serta Standar penilaian, sehingga tercapainya tujuan yang di inginkan.
    Standar nasional Pendidikan bertujuan menjamin mutu pendidikan Nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak/pribadi manusia dan bangsa yang bermartabat.

    Mutu pendidikan dapat di tingkatkan dengan adanya Standar Nasional Pendidikan, Karena adanya ruang lingkup Standar Nasional Pendidikan yang saling mengisi dan melengkapi, dan sekolah akan mengacu pada ruang lingkup Standar Nasional itu semua, oleh karena itu Standar Nasional Pendidikan di sempurnakan secara terencana,terarah sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan pendidikan serta menyeragamkan pendidikan di dunia secara Nasional serta Internasional



    By : Septila Fitra

    BalasHapus
  10. SNP sendiri ditetapkan untuk mendukung Sistem Pendidikan Nasional. Jadi sangat jelas bahwa SNP dapat meningkatkan mutu pendidikan. Karena tujuan ditetapkannya SNP sendiri adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Pemerintah sendiri telah menetapkan delapan SNP yang harus menjadi acuan sekaligus kriteria dalam menetapkan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan nasional. Salah satu standar yang berkaitan langsung dengan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan ialah standar pendidikan dan tenaga kependidikan, khususnya guru. Peran guru disini sangat besar, karena berhasil atau tidaknya pendidikan itu tergantung kepada guru, untuk itu guru dituntut mampu menyelenggarakan proses pembelajaran dengan sebaik-sebaiknya, agar nantinya sekolah-sekolah dapat meningkatkan mutu lulusan baik secara akademis maupun berkompetensi secara sosial dan teknik. Sehingga mampu bersaing secara global. Disini kepala sekolah juga mempunyai peran yang penting untuk mendukung guru agar mampu menumbuhkan kreatifitas, daya inofatif dan mampu berfikir secara kritis. Jadi maju atau tidaknya pendidikan di Indonesia ini sangat tergantung dari tenaga pendidiknya.

    (DEPI PUSPITA SARI)

    BalasHapus
  11. Sudara devi benar, SNP yang dibuat pemerintah memang ditujukan untuk membangun atau menciptakan pelajar yang berkwalitas, AGAR bisa tercapainya suatu SNP tenaga pendidik harus pintar mengelolah sumber daya yang ada di sekolah, meliputi siswa, tenaga pendidik, fasilitas dan kerja sama antara orang tua murid dengan pihak sekolah,

    Saudara septila fitra, benar karna di dalam ruang lingkup SNP akan memacu sekolah untuk mengembangkan seluruh kemampuan fasilitas sekolah ,untuk bisa mencapai sebuah hasil yang maksmal yang sudah di tetapkan pemerintah.
    ( helurno pohan)

    BalasHapus
  12. menurut saya SNP sangat penting dalam pendidikan karena untuk mencapai suatu tujuan,kita harus mempunyai standar minimal agar mutu pendidikan tetap terjaga. Namun, dalam menetapkan suatu standar tentu saja kita harus memperhatikan kemampuan dari pendidikan kita, apakah standar itu dapat di capai atau tidak oleh pendidikan kita agar pendidikan kita tidak terlalu terbebani dengan adanya SNP itu.

    Tentu saja dapat, karena dengan SNP pendidikan kita menjadi terpacu dengan adanya standar tersebut, namun jika SNP tidak di tetapkan dengan mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan pendidikan kita maka SNP tidak dapat meningkatkan mutu pendidikan.

    by: Willi Oktama

    BalasHapus
  13. SNP ini kan standar jadi ini merupakan tuntutan bagi pelajar untuk mencapai standar itu sendiri.Mutu pendidikan itu dapat dicapai sebagai target bila standar ini terpenuhi,sekarang kembali kepada pelajar dan pengajar. Tetapi paling tidak SNP ini dapat memotivasi untuk mencapai target yang diinginkan jadi walaupun sedikit tetap dapat meningkatkan mutu pendidikan.
    Inilah PR buat kita calon tenaga pendidik harus semangat untuk meningkatkan mutu pendidikan kita.

    santi rahayu

    BalasHapus
  14. Menurut saya,
    Standar Nasional Pendidikan sangat penting, krn dengan ada nya penetapan Standar Nasional Pendidikan di Indonesia, seluruh sekolah bisa lebih serius untuk mengajar dalam proses pembelajaran.
    Dengan adanya SNP bisa menjadi tolak ukur sebatas mana kemampuan kualitas pendidkan yang ada di negara kita.
    Contoh,seperti adaya UAN.
    Dan dengan adanya SNP ini apakah mutu pendidikan kito biso meningkat.
    Kalau kita benar menjalankn SNP ini dgn benar, mengajar kurikulum yang jelas, tidak melenceng dari yang telah di tetapkan.
    Saya yakin mutu pendidikan kita di Indonesia bisa meningkat.

    MERY MAYURIDA

    BalasHapus
  15. Karena SNP adalah menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. SNP adalah sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu.
    Nama : Hesti Wulandari
    Nim : 0900888201068

    BalasHapus