Sabtu, 30 April 2011

jawaban mid semester telaah kurikulum (RISKA AMELIA)

Nama : RISKA AMELIA
NIM : 0900888201078
Kelas : Bahasa Indonesia/IV.c
Mata Kuliah : Telaah Kurikulum (Mid Semester)
1. Bagaimanakah hubungan kurikulum dengan guru dan kualitas pendidikan?.

.Menurut pendapat saya,hubungan kurikulum dengan guru dan kualitas pendidikan,seorang guru harus lah memiliki suatu perencanaan atau kurikulum suatu pembelajaran yang akan disampaikan seorang guru kepada siswanya agar suatu pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang ada dalam ketentuan kurikulum tersebut agar tercapainya suatu pembelajaran sehingga pelajaran bisa dikatakan berhasil,begitu pun sebaliknya apa bila guru tidak memiliki suatu kurikulum dalam suatu pembelajaran maka pembelajaran tidak akan bejalan sesuai yang diharapkan guru.

2. Dalam menyusun kurikulum perlu memperhatikan asas filosofis dan psikologis anak dan psikologis belajar. Mengapa

Karena Dalam menyusun kurikulum perlu memperhatikan filosofis dan psikologis anak dan psikologis belajar , dengan adanya filosofis dapat menyelaraskan berbagai macam kepentingan sesuai harapan masyarakat, karena masyarakat menuntut standar kualitas yang tinggi, dan perlu memperhatikan psikologi anak didik. Maka dari itu dalam menyusun kurikulum perlu diperhatikan, apakah kurikulum yang ada sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik, latar belakang sosial budayanya atau faktor-faktor yang lain. Kemudian psikologis belajar merupakan teori belajar yang dijadikan sebagai dasar bagi proses belajar-mengajar. Dengan demikian adapun hubungan yang erat antara kurikulum dan psikologi belajar dan psikologi anak. Karena hubungan yang sangat erat maka dari itu psikologi menjadi salah satu dasar kurikulum tersebut.

3. Jelaskanlah perbedaan separate-subject curriculum dengan corelated curriculum!

corelated curriculum adalah mata pelajaran yang disajikan tidak terpisah tapi melainkan memiliki kedekatan sehingga menjadi sebuah bidang studi. Sedangakan separate-subject curriculum adalah bahan yang disajikan dalam mata pelajaran yang terpisah – pisah, yang satu lepas dengan yang lain,
4. komponen kurikulum yaitu,
a, tujuan, disini kita harus mempunyai tujuan pendidikan yaitu mampu menciptakan siawa yamh berahlak, cerdasm dan terampil

b, materi. Guru haris dapat menetukan materi pembealajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan sesyau dengan kurukulm, searang guru juga harus pandai mengemas materi tersbut sehingga siswa dapat tertarik dalam belajar

c. strategi. Disini guru berperan sebagai fasilitator, navitatot, dan guider, guru harus berusaha mencipyakan suasana belajar yang kondusif bagi peserta didiknya, melalui strayegi – strategi bealajar dan memanfaatkan lingkungan sekolah

d, evaluasi, evaluasi berfungsi sebagai alat untuk seorang guru dapat melihat hasil dari tujuan belar yang ditetapkan dapat tercapai atau belum

hungan nya adalah di mana seorang guru pasti mempunyai tujuan dalam mengajar bila mana tujuan tersebut sudah ada guru akan membentuk sebuah marei materi pembelajaran yang akan di sampaikan dengan strategi yang cocok untuk suasana di kelas . dengan mempertibangkan tujuan awal seorang guru


4. Jelaskanlah komponen-komponen kurikulum dan bagaimanakah hubungan antarkomponen tersebut?

Komponen kurikulum ada empat, yaitu:
a. Tujuan 3) Proses belajar-mengajar
b. Bahan pelajaran 4) Evaluasi dan penilaian
Keempat komponen tersebet saling berhubungan. Setiap komponen bertalian erat dengan ketiga komponen lainnya. Tujuan menentukan bahan apa yang akan dipelajari, bagaimana proses belajarnya, dan apa yang harus dinilai. Demikian pula penilaian dapat mempengaruhi komponen lainnya. Pada saat dpientingkannya evaluasi dalam bentuk ujian, misalnya Ebtanas, UMPTN, maka timbul kecenderungan untuk menjadikan bahan ujian sebagai tujuan kurikulum, proses belajar-mengajar cenderung mengutamakan latihan dan hafalan. Bila salah satu komponen berubah, misalnya ditonjolkannya tujuan yang baru, atau proses belajar mengajar, misalnya metode baru, atau cara-cara penilaian, maka swemua komponen lainnya turut mengalami perubahan. Kalau tujuannya jelas, maka bahan pelajaran, PBM, maupun evaluasi pun lebih jelas.

5. Mengapa kurikulum perlu diubah dan diperbaharui?

Perubahan dan diperbaharuhinya kurikulum dilakukan untuk menanbah atau mengurangi jumlah, isi atau bjenis mata pelajaran sesuai dengan permintaan zaman. Kalau dirasa perlu anak-anak untuk mengetahuai tentang lalu lintas, mengetik, kewarga Negara, pendidikan kependudukan, dan lain-lain maka mata pelajaran itu dapat ditambahkan. Demikian pula mata pelajaran yang dirasa tidak sesuai lagi dapat ditiadakan.

6. Jelaskanlah komponen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan!
KTSP memiliki enam komponen yaitu:

• Visi dan Misi
Dalam menetapkan visi dan misi satuan pendidikan, kepala sekolah harus terlebih dahulu memahami visi itu sendiri. Tugas utama kepala sekolah adalah menyisihkan waktunya agar dapat mengkomunikasikan visi tersebut keseluruh jajaran dan tingkat manajemen. Dalam mengembangkan visinya, kela sekolah harus mampumendayagunakan kekuatan-kekuatan yang relevan bagi kegiatan internal sekolah. Visi dan misi satuan pendidikan dapat dikembanhkan oleh lembaga masing-masiung dengan memperhatikan potensi dan kelemahan masing-masing.
• Tujuan Pendidikan Satuan Pendidikan
Tujuan satuan pendidikan, termasuk, sasaran dan target harus dirumuskan sdecara tertulis dengan: (a) Jelas, (b) mudah dipahami oleh semua pihak yang terlibat dalam satuan pendidikan (c) semua pihak yang terlibat dapat memahami apa kaitan yang dilakukan dengan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan (d) kemajuan satuan pendidikan harus dapat dirasakan semua pihak yang terlibat.
• Menyusun Kalender Pendidikan
Dalam penyusunan kalender pendidikan, pengembang kurikulum harusmampu menghitung jam belajar efektif untuk pembentukan kompetensi peserta didik, dan menyesuaikan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik setelah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertuntu. Penyususnann kelender pendidikan selama satu tahun pelajaran mengacu pada efisiensi, efektifitas, dan hak-hak peserta didik.
• Struktur muatan KTSP
Struktrus KTSP memuat: mata pelajaran, muatan local, kegiatan pengembangan diri, pengaturan beban belajar, kenaikan kelas, penjurusan dan kelulusan, pendidikan kecakapan hidup, pendidikan berbasis keunggulan local dan global.
• Silabus
Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu lelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar materi pembelajaran indicator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.
• RPP
• Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah renvana yang menggambarkan prosedur dan manajeman pembelajaran untuk mencapai satu atai lebih kompetensi dasar yang ditetapkan oleh Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar