Minggu, 10 April 2011

Topik Diskusi Kedua

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) disusun dan dikembangkan sesuai dengan potensi dan karakteristik satuan pendidikan. Dengan KTSP diharapkan sekolah dapat mengembangkan potensi sekolah tersebut dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Menurut Saudara, apakah kelebihan dan kekurangan KTSP tersebut?

20 komentar:

  1. Menurut saya kelebihan KTSP yaitu memberikan kemandirian kepada sekolah untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif dalam pengembangan kurikulum. KTSP juga melibatkan orang tua dan masyarakat dalam mengambil keputusan bersama. KTSP menyesuaikan kurikulum sesuai dengan kondisi sekolah. KTSP memberikan peluang kepada sekolah untuk mengembangkan sumber daya atau potensi yang ada dilokal. Dalam hal ini mata pelajaran mulok yang dilibatkan. Misalnya siswa diajak langsung ke lapangan untuk mempelajari pembuatan sesuatu. contohnya : membuat dodol nanas, membuat tempe, membatik dan sebagainya. Sehingga dari hal ini sekolah telah menyiapkan SDM yang nantinya dapat berguna bagi masyarakat.

    Sedangkan kekurangan KTSP yaitu bisa dilihat dari potensi tenaga pengajar (SDM), banyak guru dan sekolah yang kurang kualitasnya, sehingga diragukan untuk mampu menjabarkan KTSP pada satuan pendidikan yang ada. Kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana sebagai kelengkapan dari pelaksanaan KTSP juga menjadi kendala. Dan dengan kemajuan teknologi sekarang ini banyak juga guru yang kurang menguasai IPTEK.

    (DEPI PUSPITA SARI)

    BalasHapus
  2. Dengan adanya KTSP sekolah dapat menggembangkan potensi apa saja yang ada disekolah maupun lingkungan sekolah dan KTSP juga dapat membantu perkembangan perekonomia daerah serta membuat peluang bagi sekolah untuk berkembang dan mandiri.

    Kekurangan KTSP sulitnya untuk berkembang bagi sekolah- sekolah yang pasilitas nya kurang memadai dan para penggajar yang potensinya rendah yang mengakibatkan mutu pendidikan jadi rendah dan dapat tertinggal dari sekolah- sekolah lain yang bermutu tinggi dan lebih maju serta mandiri.

    ( MARITA EKA ARIANI )

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Kelebihan dari KTSP yaitu :
    1. Dapat meningkat kuantitas dan kualitas sekolah tersebut.
    2. Menjadikan sumber pembelajaran akan lebih terarah dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
    3. Dengan adanya KTSP, diharapkan akan menciptakan SDM yang berkualitas dan tanggap terhadap ilmu pengetahuan dan tekhnologi.

    Kekurangan dari KTSP yaitu :
    1. Pengembangan dalam hal pembelajaran tergantung pada keterampilan guru atau tenaga pendidik dalam memberikan bahan ajar.
    2. Bahan ajar yang diajarkan belum tentu dapat diterima dengan baik oleh pebelajar atau peserta didik.
    3. Untuk memmperoleh hasil yang maksimal dalam hal pembelajaran, bukan hanya pengetahuan saja yang harus dikuasai oleh tenaga pendidik tetapi harus disertai dengan skil-skil atau ketermpilan dalam memberikan bahan ajar agar peserta didik dapat menerima pembelajaran dengan baik dan terarah.

    ( SUPARJO )

    BalasHapus
  5. kelebihan dari KTSP adalah: sekolah mngerti potensi dari siswa nya sendiri, jadi pihak sekolah bisa meningkatkan kreasi dalam program-program pendidikan,
    - KTSP memberikan wewenang kepada sekolah-sekolah untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kondisi sekolah.

    kekurangan KTSP
    menurut saya bisa berdampak negatif kepada pihak sekolah, bila tidak tercapai maka siswanya bisa gagal dalam belajar.

    from: amin arsada

    BalasHapus
  6. menurut saya kelebihan KTSP jelas kepada tuntunan siswa untuk berkompetensi dan memberi suatu harapan kepada siswa untuk tertuju kepada prestasi yang mereka jalankan dalam proses belajar.
    kekurangannya pada sekolah dalam sarana prasarana agak sulit mengikuti.


    (gusni rahman)

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. amin arsada saya setuju dengan pendapat anda, karna KTSP mengarah kepada potensi siswa untuk berpestasi dalam kegiatan bejar, dan siswa mampu mengikuti program-program di bidang pendidikan.

    (gusni rahman)

    BalasHapus
  9. saya setuju pada pendapat gusni rahman, pada kekurangan KTSP bila kurangan sarana dan prasarana sehingga tujuan tidak tercapai maksimal...

    (amin arsada)

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Menaggapi pendapat dari gusni rahman mengenai kekurangan KTSP tentang sarana dan prasarana.
    menurut saya, kegiatan pembelajaran tidak sepenuhnya bertumpu pada sarana dan prasarana saja melainkan banyak hal yang harus diperhatikan misalnya dari segi ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh seorang guru, karna mustahil guru yang tidak berpengetahuan dapat memberikan pengajaran dengan baik walaupun telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang lengkap.

    ( suparjo )

    BalasHapus
  12. Menurut saya KTSP memiliki kelebihan dalam memajukan potensi sebuah sekolah. KTSP mendorong guru dan kepala sekolah untuk meningkatkan kreativitas mereka dalam penyelenggaraan program pendidikan. Jadi KTSP dapat mendorong terwujudnya otonomi penyelenggaraan pendidikan oleh Sekolah. Dengan otonomi tersebut, sekolah bersama dengan komite sekolah dapat secara bersama-sama merumuskan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan, situasi, dan kondisi lingkungan sekolah tersebut. Dalam merumuskan KTSP, sekolah tidak bisa berjalan sendiri tetapi harus bermitra dengan instansi yg terkait dengan pendidikan, misalnya, dunia industri, kerajinan, pariwisata, petani, nelayan, organisasi profesi, dan sebagainya agar kurikulum yang dibuat oleh sekolah benar-benar mampu menjawab dan memenuhi kebutuhan di daerah di mana sekolah tersebut berada.
    Sedangkan kekurangan dalam KTSP, seperti masih minimnya kualitas guru dan sekolah. Selain disebabkan oleh rendahnya kualitas tersebut, juga disebabkan pola kurikulum lama yang terlanjur mengekang kreativitas guru. Tidak tersedianya sarana dan prasarana yang lengkap dan representatif juga merupakan kendala yang banyak dijumpai di lapangan, banyak satuan pendidikan yang minim alat peraga, laboratorium serta fasilitas penunjang yang menjadi syarat utama pemberlakuan KTSP.

    (Romi Eka Lizardi)

    BalasHapus
  13. Kelebihan KTSP
    KTSP sangat memungkinkan bagi setiap sekolah untuk menitikberatkan dan mengembangkan mata pelajaran tertentu yang akseptabel bagi kebutuhan siswa. Sekolah dapat menitikberatkan pada mata pelajaran tertentu yang dianggap paling dibutuhkan siswanya. Sebagai contoh daerah kawasan wisata dapat mengembangkan kepariwisataan dan bahasa inggris, sebagai keterampilan hidup, KTSP akan mengurangi beban belajar siswa yang sangat padat. Karena menurut ahli beban belajar yang berat dapat mempengaruhi perkembangan jiwa anak.

    Kekurangan KTSP
    Kurangnnya SDM yang diharapkan mampu menjabarkan KTSP pada kebanyakan satuan pendidikan yang ada. Minimnya kualitas guru dan sekolah, Kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana pendukung sebagai kelengkapan dari pelaksanaan KTSP, Masih banyak guru yang belum memahami KTSP secara komprehensif baik kosepnya, penyusunannya,maupun prakteknya di lapangan, Penerapan KTSP yang merekomendasikan pengurangan jam pelajaran akan berdampak berkurangnya pendapatan guru. Sulit untuk memenuhi kewajiban mengajar 24 jam, sebagai syarat sertifikasi guru untukmendapatkan tunjangan profesi.


    By_Afri Rachmadi Surya

    BalasHapus
  14. menurut saya kelebihan dan kekurangan KTSP adalah bisa melihat sejauh mana pihak sekolah dan guru - guru itu bisa mengembangkan KTSP Yang telah diberikan dari pusat sehingga KTSP itu bisa berkembang dengan baik sesuai dengan kemampuan siswa yang ada di masing-masing sekolah. Di sini bisa terlihat potensi sekolah dan guru-gurunya apakah baik atau cukup ban kurang baik. Sedangkan kekurangannya adalah adalah sarana dan prasarana sekolah yang kurang mendukung dari pengembangan KTSP tersebut, kemudian selain dari sarana dan prasarana kreatifitas dan daya pikir dari guru juga mempunyai peranan yang sangat besar dalam hal pengembangan KTSP itu sendiri
    Jadi agar KTSP bisa berjalan dengan baik sesuai yang diinginkan semua pihak maka hendaknya kita semua harus bekerjasama baik secara materil maupun kreatifitas yang kita miliki serta daya pikir yang baik sehingga dapatlah terwujud KTSP yang baik.


    (Santi Rahayu)

    BalasHapus
  15. Kelebihan dan kekuranagan KTSP

    Kelebihannya yaitu :
    1. Mempermudah penyelenggara pendidik (sekolah) dalam menyelenggarakan proses pendidikan dan mendorong para guru, kepala sekolah dan pihak sekolah menejemen untuk meningkatkan kreatifitas dalam penyelenggaraan program pendidikan.
    2. KTSP sangat memungkinkan sekolah untuk mengembangkan mata pelajaran yang sangat dibutuhkan atau disenangi siswanya sesuai dengan kebutuhan.
    3. Satuan pendidikan diberikan keleluasaan untuk menyusun dan megembangkan silabus yang sesuai dengan kemampuan peserta didik dan kebutuhan masyarakat setempat.
    Kekurangannya yaitu :
    1. Kurangnya SDM yang mampu menyetarakan KTSP dan sedikitnya kualitas guru dan sekolah.
    2. Kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana pendukung dalam penyelenggaraan KTSP.
    3. Masih banyaknya guru yang belum memahami KTSP secara baik, dalam penyusunan dan prakteknya dilapangan.


    Elfrida simamora

    BalasHapus
  16. terima kasih atas jawaban dari teman-teman semua.
    disini saya hanya sedikit menambahkan bahwasanya
    ktsp memiliki kelebihan. kelebihannya itu adalah keefektifan, keefesienan kita sebagai seorang pendidik dalam menegmbangkan ktsp.
    kekurangan nya ktsp adalah pada sarana prasarana yang tidak mendukung keefektifan dan keefesienan dalam kita mencari, merancang, dan mengaplikasikan kepada siswa didik kita .
    hnyaa itu dari saya .
    by ;
    hardinas may putra

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. saya setuju dengan teman teman diatas karna KTSP akan lebih berkembang dimana seorang guru dapat memanfaatkan seluruh fasilitas yang ada di sekitar sekolah dengan baik, dengan ada nya kita sebagai fasilitator maka kita sebagai tenaga pendidik harus jeli dalam melihat pokok permasalahan yang ada, adapun kekurangan nya tergantung seorang guru dalam mengembangkan kurikulum tersebut, guru yang jeli dan aktif membaca sebuah masalah itu adalah guru yang dapat mengembangkan KTSP dengan maksimal. karna seorang GURU adalah kunci sukses nya KUrikulum dan kesuksesan proses pembelajaran
    ( helurno Pohan)

    BalasHapus
  19. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KTSP

    Kelebihan-kelebihan KTSP antara lain :

    1. Mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan.
    2. Mendorong para guru, kepala sekolah, dan pihak manajemen sekolah untuk semakin meningkatkan kreativitasnya dalam penyelenggaraan program-program pendidikan.
    3. KTSP sangat memungkinkan bagi setiap sekolah untuk menitikberatkan dan mengembangkan mata pelajaran tertentu yang akseptabel bagi kebutuhan siswa.
    4. KTSP akan mengurangi beban belajar siswa yang sangat padat dan memberatkan kurang lebih 20 %.
    5. KTSP memberikan peluang yang lebih luas kepada sekolah-sekolah plus untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan.
    6.dirumuskan oleh sekolah masing-masing
    7.di sesuaikan dengan kemampuan sekolah
    8.visi dan misi di sesuaikan dengan kondisi sekolah

    Keurangan-kekurangan KTSP, antara lain :

    1. Kurangnya SDM yang diharapkan mampu menjabarkan KTSP pada kebanyakan satuan pendidikan yang ada.
    2. Kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana pendukung sebagai ketlengkapan dari pelaksaan KTSP.
    3. Masih banyak guru yang belum memahami KTSP secara komprehensif baik konsepnya, penyusunannya, maupun prakteknya dilapangan.
    4. Penerapan KTSP yang merekomendasikan pengurangan jam pelajaran akan berdampak berkurang pendapatan para guru.
    5.standar dari pusat kadang-kadang tidak sesuai dengan kondisi sekolah
    6.beban kerja sudah di tentukan oleh pusat.

    nama : hestiwulandari
    npm :0900888201068

    BalasHapus
  20. Menurut saya kelebihan KTSP adalah sebagai sarana untuk mengembangkan kreativitas sekolah dan sebagai sarana mengembangkan keunggulan lokal, sedangkan kekurangan KTSP adalah meninggalkan celah besar dalam upaya pencapaian standart lulusan dan kelulusan, didalam KTSP seharusnya tidak ada UAN akan tetapi dalam kenyataanya sampai sekarang UAN tetap ada, dan pemerintah menjadikan UAN itu sebagai syarat mutlak kelulusan bagi seluruh siswa di tingkat SD, SMP, SMA atau yang sederajat. Sehingga menurut saya pemerintah kedepan harus bisa memikirkan kurikulum baru yang lebih sempurna atau paling tidak bisa memperbaiki kekurangan yang ada pada KTSP.
    siti zubaidah

    BalasHapus