Senin, 25 April 2011

Soal Ujian Midsemester Telaah Kurikulum dan Buku Teks

Jawablah soal berikut dengan jelas. Jawaban dikirim ke email bahasa74@ymail.com atau melalui blog Saudara dengan mengirim alamat blog Saudara ke email bahasa74@ymail.com. Jawaban paling lambat dikirim hari Sabtu, pukul 00.00 WIB.
1. Bagaimanakah hubungan kurikulum dengan guru dan kualitas pendidikan?
2. Dalam menyusun kurikulum perlu memperhatikan asas filosofis dan psikologis anak dan psikologis belajar. Mwngapa?
3. Jelaskanlah perbedaan separate-subject curriculum dengan corelated curriculum!
4. Jelaskanlah komponen-komponen kurikulum dan bagaimanakah hubungan antarkomponen tersebut?
5. Mengapa kurikulum perlu diubah dan diperbaharui?
6. Jelaskanlah komponen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan!
Selamat bekerja!

13 komentar:

  1. 1. hubungan Kurikulum, Guru dan Kualitas pendidikan adalah.
    Kurikulum Nasional adalah suatu kerangka digunakan oleh semua sekolah dipelihara untuk memastikan bahwa pengajaran dan pembelajaran seimbang dan konsisten. Kurikulum juga memegang peran penting dalam menentukan tujuan pendidikan, dimana jika sebuah kurikulum yang sudah diterapkan dipandu oleh seorang Guru yang cermat, dan cekatan dalam memproses belajar mengajar, disini seorang Guru adalah peranan penting dalam menjalankan kurikulum, karma kunci keberhasilan sebuah pembelajaran adalah di tangan seorang Guru. Dengan kerangka yang disusun dan dijalankan dengan guru yang handal, maka kualitas pendidkan pun akan meningkat.

    2. Asas filosofi bertujuan untuk mendidik anakagar menjadi anak yang baik, filsafat juga harus mempertimbangkan dalam mengambil keputusan tentang aspek kurikulum, karma Filsafat yang kabur akan menimbulkan kurikulum yang tidak menentu arahnya.
    Dan psikologi anak, karna disini sekolah diridiran untuk ana, kita seorang guru harus memperhatikan kondisi seorang anak, agar anak tesebut dapat dengan maksimal dalam mengembangkan bakat nya,
    Psikologi belajar adalah kita seorang guru jarus mempelajari tingkah laku siswa dalam belajar memberi prose pengetahuan dengan kadar kemampuan siswa tersebut

    3. corelated curriculum adalah mata pelajaran yang disajikan tidak terpisah tapi melainkan memiliki kedekatan sehingga menjadi sebuah bidang studi. Sedangakan separate-subject curriculum adalah bahan yang disajikan dalam mata pelajaran yang terpisah – pisah, yang satu lepas dengan yang lain,
    4. komponen kurikulum yaitu,
    a, tujuan, disini kita harus mempunyai tujuan pendidikan yaitu mampu menciptakan siawa yamh berahlak, cerdasm dan terampil

    b, materi. Guru haris dapat menetukan materi pembealajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan sesyau dengan kurukulm, searang guru juga harus pandai mengemas materi tersbut sehingga siswa dapat tertarik dalam belajar

    c. strategi. Disini guru berperan sebagai fasilitator, navitatot, dan guider, guru harus berusaha mencipyakan suasana belajar yang kondusif bagi peserta didiknya, melalui strayegi – strategi bealajar dan memanfaatkan lingkungan sekolah

    d, evaluasi, evaluasi berfungsi sebagai alat untuk seorang guru dapat melihat hasil dari tujuan belar yang ditetapkan dapat tercapai atau belum

    hungan nya adalah di mana seorang guru pasti mempunyai tujuan dalam mengajar bila mana tujuan tersebut sudah ada guru akan membentuk sebuah marei materi pembelajaran yang akan di sampaikan dengan strategi yang cocok untuk suasana di kelas . dengan mempertibangkan tujuan awal seorang guru.

    5, kurikulum di ubah sesuai dengan kondisi sekolah dan sesuai juga dengan kebituhan siswa, karna kebutuhan sekrang tidak sama dengan kebutuhan yang akan dating, kurikulum di ubah juga sesuai dengan persaingan bangsa bangsa lain, agar bangsa kita tidak tertinggal dan dapat bersaing dalam dunia global

    6. komponen KTSP
    a. tujuan, visi dan misi
    disini pendidkikan harus mempunyai tujuan, dan memiliku visi dan misi pendikikan
    b. struktur muatan
    meliputi mata pelajaran, muatan local dan pengembangan diri
    c. kalender pendidikan
    disini siswa mempunyai masa belajar yang efektif yaitu dua semester dalam saru yahun
    d. silabus,
    silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.
    e. RPP
    RPP yang disajikan dalam silabus bertujuan mengarahkan peserta didik dalam mencapai kompetensi dasar.



    ( heluno Pohan )

    BalasHapus
  2. Nama : GRESYLITA PURWASIH
    NIM : 0900888201062
    Kelas : Bahasa Indonesia/IV.c
    Mata Kuliah : Telaah Kurikulum (Mid Semester)
    1. Bagaimanakah hubungan kurikulum dengan guru dan kualitas pendidikan?

    Peran guru kian strategis untuk mengambil salah satu peran yang menopang pada tegaknya peradaban manusia Indonesia di waktu yang akan datang. Tidak cukup dengan verbalitas tetapi dibutuhkan kerja professional, kreatifitas dan efektifitas untuk mencapai cita-cita yang ditargetkan. Guru merupakan pekerjaan yang amat mulia. Ia berhadapan dengan anak-anak manusia yang akan menentukan masa depan bangsa. Betapa berat beban yang di sandangkan pada seorang guru. Peran guru yang strategis, menuntut kerja guru yang professional, dan mampu mengembangkan ragam potensi yang terpendam dalam diri anak didik. Sedemikian besar peran guru dalam melakukan perubahan terhadap peradapan lewat anak didik yang akan menentukan masa depan.sementara peran guru membantu orang tua dalam hal pengetahuan terutama kognitif dan memfasilitasi berkembangnya potensi individu untuk bisa melakukan aktualisasi diri. Karenanya guru dapat di gantikan sebagai orang tua disekolah.

    2. Dalam menyusun kurikulum perlu memperhatikan asas filosofis dan psikologis anak dan psikologis belajar. Mengapa

    Karena filosofis mendidik sesuai dengan filsafat Negara. Yang bertujuan mendidik anak agar menjadi manusia yang “baik”. Yang dimaksud “baik” pada hakikatnya ditentukan oleh nilai-nilai, cita-cita atau filsafat yang dianut Negara, tapi juga guru orang tua, masyarakat bahkan dunia. Kalau dengan memperhatikan psikologi anak karena sekolah didirikan untuk anak, untuk kepentingan anak yakni menciptakan situasi-situasi dimana anak dapat belajar untuyk mengembangkan bakatnya. Dan yang ketiga memperhatikan psikologi belajar, dengan memperhatikan psikologi belajar anak dapat belajar, dapat menguasai sejumlah pengetahuan, dapat mengubah sikapnya, dapat menerima norma, dapat menguasai sejumlah keterampilan

    3. Jelaskanlah perbedaan separate-subject curriculum dengan corelated curriculum!

    Perbedaan sprate subject curriculum dan correlated curriculum.
    Dalam sprate subject curriculum, anak-anak dipaksakan mempelajari pengalaman unat manusia yang lampau, yang tidak selalu bertalian erat dengan pengalaman anak itu sendiri, bahan pelajaran dapat disajikan secara logis dan sistematis, kurilum ini lebih memudahkan guru. Berbeda dengan correlated curriculum, correlated curriculum memberikan kepada murid pengalaman-pengalaman yang ada hubungannya, tidak memberi pengetahuan yang sistematis, tetapi mendalami berbagai matapelajaran, dalam kirikulum ini, guru malah sering tidak menguasai pendekatan inter-disipliner.

    BalasHapus
  3. 4. Jelaskanlah komponen-komponen kurikulum dan bagaimanakah hubungan antarkomponen tersebut?

    Komponen kurikulum ada empat, yaitu:
    a. Tujuan 3) Proses belajar-mengajar
    b. Bahan pelajaran 4) Evaluasi dan penilaian
    Keempat komponen tersebet saling berhubungan. Setiap komponen bertalian erat dengan ketiga komponen lainnya. Tujuan menentukan bahan apa yang akan dipelajari, bagaimana proses belajarnya, dan apa yang harus dinilai. Demikian pula penilaian dapat mempengaruhi komponen lainnya. Pada saat dpientingkannya evaluasi dalam bentuk ujian, misalnya Ebtanas, UMPTN, maka timbul kecenderungan untuk menjadikan bahan ujian sebagai tujuan kurikulum, proses belajar-mengajar cenderung mengutamakan latihan dan hafalan. Bila salah satu komponen berubah, misalnya ditonjolkannya tujuan yang baru, atau proses belajar mengajar, misalnya metode baru, atau cara-cara penilaian, maka swemua komponen lainnya turut mengalami perubahan. Kalau tujuannya jelas, maka bahan pelajaran, PBM, maupun evaluasi pun lebih jelas.

    5. Mengapa kurikulum perlu diubah dan diperbaharui?

    Perubahan dan diperbaharuhinya kurikulum dilakukan untuk menanbah atau mengurangi jumlah, isi atau bjenis mata pelajaran sesuai dengan permintaan zaman. Kalau dirasa perlu anak-anak untuk mengetahuai tentang lalu lintas, mengetik, kewarga Negara, pendidikan kependudukan, dan lain-lain maka mata pelajaran itu dapat ditambahkan. Demikian pula mata pelajaran yang dirasa tidak sesuai lagi dapat ditiadakan.

    6. Jelaskanlah komponen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan!
    KTSP memiliki enam komponen yaitu:

    • Visi dan Misi
    Dalam menetapkan visi dan misi satuan pendidikan, kepala sekolah harus terlebih dahulu memahami visi itu sendiri. Tugas utama kepala sekolah adalah menyisihkan waktunya agar dapat mengkomunikasikan visi tersebut keseluruh jajaran dan tingkat manajemen. Dalam mengembangkan visinya, kela sekolah harus mampumendayagunakan kekuatan-kekuatan yang relevan bagi kegiatan internal sekolah. Visi dan misi satuan pendidikan dapat dikembanhkan oleh lembaga masing-masiung dengan memperhatikan potensi dan kelemahan masing-masing.
    • Tujuan Pendidikan Satuan Pendidikan
    Tujuan satuan pendidikan, termasuk, sasaran dan target harus dirumuskan sdecara tertulis dengan: (a) Jelas, (b) mudah dipahami oleh semua pihak yang terlibat dalam satuan pendidikan (c) semua pihak yang terlibat dapat memahami apa kaitan yang dilakukan dengan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan (d) kemajuan satuan pendidikan harus dapat dirasakan semua pihak yang terlibat.
    • Menyusun Kalender Pendidikan
    Dalam penyusunan kalender pendidikan, pengembang kurikulum harusmampu menghitung jam belajar efektif untuk pembentukan kompetensi peserta didik, dan menyesuaikan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik setelah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertuntu. Penyususnann kelender pendidikan selama satu tahun pelajaran mengacu pada efisiensi, efektifitas, dan hak-hak peserta didik.
    • Struktur muatan KTSP
    Struktrus KTSP memuat: mata pelajaran, muatan local, kegiatan pengembangan diri, pengaturan beban belajar, kenaikan kelas, penjurusan dan kelulusan, pendidikan kecakapan hidup, pendidikan berbasis keunggulan local dan global.
    • Silabus
    Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu lelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar materi pembelajaran indicator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.
    • RPP
    • Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah renvana yang menggambarkan prosedur dan manajeman pembelajaran untuk mencapai satu atai lebih kompetensi dasar yang ditetapkan oleh Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus

    ( Gresylita Purwasih )

    BalasHapus
  4. Nama : Santi Rahayu
    NIM : 0900888201067
    Kelas : Bahasa Indonesia IV .c
    Makul : Telaah Kurikulum


    Jawaban soal MID Telaah Kurikulum

    1. Hubungan antara kurikulum dengan guru dan kualitas pendidikan ialah amat sangat erat. Hal ini dapat kita lihat dari yang pertama yakni guru. Bayangkan saja seandainya guru tidak bisa mengembangkan kurikulum dengan ketentuan yang ada atau sesuai dengan yang dibutuhkan para siswanya, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi ketidakseimbangan suatu proses pembelajaran. Dengan demikian, maka kualitas pendidikan tersebut akan menurun. Begitu pula sebaliknya, kalau guru dapat mengembangkan dan menerapkan kurikulum dengan baik, maka kualitas pendidikan itu akan baik pula.
    2. Karena, ketiga asas tersebut mempunyai fungsi yang saling berhubungan dalam proses pembelajaran. Yang pertama yakni asas filosofis. Asas filosofis merupakan asas yang mempunyai hubungan dengan tujuan pendidikan yang sesuai dengan filsafat Negara, terutama dalam menentukan manusia yang dicita-citakan sebagai tujuan yang harus dicapai melalui pendidikan formal. Yang kedua yakni asas psikologis anak. Asas psikologis anak ini ialah asas yang dimana memperhitungkan faktor anak dalam kurikulum. Dan yang ketiga yakni asas psikologis belajar. Asas psikologis belajar dijadikan dasar bagi proses belajar-mengajar.
    3. Kalau Separate Subject Curriculum adalah segala bahan pelajaran yang disajikan dalam subject atau mata pelajaran yang terpisah-pisah, yang satu lepas dari yang lain atau dengan kata lain tidak saling berhubungan. Sedangkan Corelated Curriculum ini menitik beratkan pada korelasi yakni diantaranya, anatara dua mata pelajaran diadakan hubungan secara isidental, yakni kalu kebetulan ada pertaliannya dengan mata pelajaran lain.
    4. Kompenen kurikulum ada empat. Yakni tujuan, bahan pelajaran, proses belajar-mengajar, evaluasi atau penilaian.Tujuan menentukan bahan apa yang akan dipelajari, bagaimana proses belajarnya, dan apa yang harus dinilai. Demikian pula dangan penilaian dapat mempengaruhi komponen lainnya. Contohnya pada saat dipentingkannya evaluasi dalam bentuk ujian, misalnya ebtanas, maka timbul kecendrungan untuk menjadikan bahan ujian sebagai tujuan kurikulum, proses belajar-mengajar, hal ini cenderung mengakibatkan mengutamakan latihan dan hafalan. Bila salah satu komponen berubah, misalnya ditonjolkannya tujuan yang baru, atau proses belajar-mengajar, misalnya metode atau cara penilaian, maka semua komponen lainnya turut mengalami perubahan. Kalau tujuannya tersebut jelas, maka bahan pelajaran, PBM, maupun evaluasi pun akan lebih jelas.

    BalasHapus
  5. Nama : Santi Rahayu
    NIM : 0900888201067
    Kelas : Bahasa Indonesia IV .c
    Makul : Telaah Kurikulum

    5. Karena dengan adanya perubahan kurikulum maka secara tidak langsung kita juga sudah berusaha mendongkrak mutu pendidikan agar menjadi lebih baik hal ini dapat kita lihat dari pengertiannya terlebih dahulu. Perbaikan berarti meningkatkan nilai atau mutu. Sedangkan perubahan adalah pergeseran posisi kedudukan atau keadaan yang mungkin membawa perbaikan, akan tetapi juga dapat memperburuk keadaan hal ini tergantung dari masinmg-masing pihak dalam mengelola proses perubahan kurikulum.
    6. Komponen KTSP ada lima. Yang pertama ialah Visi dan Misi satuan pendidikan.Dalam menetapkan visi dan misi satuan pendidikan, seklah atau kepala sekolah harus mampu mendayagunakan kekuatan-kekuatan yang relevan bagi kegiatan internal sekolah. Yang kedua Tujuan Pendidikan satuan pendidikan yang merupakan tujuan pendidikan satuan pendidikan merupakan acuan dalam mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).yang ketiga ialah Menyusun Kalender Pendidikan yakni dalam rangka pengembangan KTSP setiap satuan pendidikan harus menyusun kalender pendidikan sesuai dengan kebutuhan daerah, karakteristik sekolah, kebutuhan peserta didik, dan masyarakat. Dengan memperhatikan kalender pendidikan, sebagaimana tercantum dalam standar isi.Yang keempat yakni Strutur Muatan KTSP. Dalam struktur muatan KTSP terdapat berbagai faktor diantaranya, mata pelajaran, muatan lokal, kegiatan pengembngan diri, pengaturan beban belajar, kenaikan kelas, penjurusan, dan kelulusan, pendidikan kecakapan hidup, pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global. Yang kelima Silabus. Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok matapelajarn dengan tema tertentu, yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembngkan oleh setiap satuan pendidikan. Dan yang terakhir adalah RPP. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.

    BalasHapus
  6. Nama : Hesti wulandari
    Nim : 0900888201068
    Kelas : IV/C
    Jawaban Mid Semester

    1. Kurikulum merupakan pedoman atau rambu-rambu guru dalam mengajar di mana kurikulum berisi sejumlah materi,alokasi waktu,metode,sarana yang dipedomani guru dalam waktu tertentu. Kualitas pendidikan sangat di tentukan oleh kurikulum, karena standar kompetensi yang terdapat pada kurikulum merupakan standar nasional. Apabila siswa menguasai standar kompentensi minimal 75% keatas, bearti kualitas pendidikan tercapai.

    2.
     Asas filosofis
    Karena sekolah bertujuan mendidik anak agar menjadi manusia yang baik. Pada hakikatnya di tentukan oleh nilai-nilai,cita-cita,atau filsafat yang di anut negara,tetapi juga guru,orang tua,masyarakat,bahkan dunia.
     Psikologis Anak
    Karena sekolah di dirikan untuk anak,untuk kepentingan anak,yakni menciptakan situasi-situasi di mana anak dapat belajar untuk mengembangkan bakatnya.
     Psikologis Belajar
    Pendidikan di sekolah di berikan kepercayaan dan kenyakinan bahwa anak-anak dapat di didik,dapat di pengaruhi kelakuannya.

    3. Perbedaan separate-subject curiculum dan correlated curiculum :
     Seperate-subject curiculum adalah segala bahan pelajaran di sajikan dalam subject atau mata pelajaran yang terpisah-pisah,yang satu lepas dari yang lain dengan memilihara identitas mata pelajaran,dan menyatu padukan mata pelajaran dalam bidang studi tertentu.

    4. Komponen kurikulum ada 4 yaitu :
    1. Tujuan
    2. Bahan pelajaran
    3. Proses belajar mengajar
    4. Evaluasi atau penilaian
    Hubungan keempat komponen tersebut adalah tujuan menentukan bahan apa yang akan di pelajari,bagaimana proses belajarnya,dan apa yang harus dinilai. Penilaian juga dapat mempengaruhi komponen lainnya. Bila salah satu komponen berubah,misalnya di tonjolkannya tujuan yang baru,atau proses belajar mengajar. Misalnya mereka baru atau cara penilaian,maka komponen lainnya turut mengalami perubahan. Kalau tujuannya jelas,maka bahan pelajaran,PBM dan Evaluasinya juga lebih jelas.
    5. Menurut saya,karena kurikulum di pandang sebagai buku pedoman dan wewenang untuk mengembangkan pusat,kementrian Depdikbud. Kurikulum juga dapat di tafsirkan sebagai segala sesuatu yang terjadi dalam kelas dan sekolah yang mempengaruhi perubahan kelakuan para siswa dengan berpedoman pada kurikulum yang di tentukan oleh pemerintah. Artinya,perubahan kurikulum tergantung pada guru,dan guru menentukan apa sesungguhnya yang terjadi di dalam kelasnya.

    6. Komponen KTSP meliputi :
    a) Visi dan misi satuan pendidikan
    Visi dan misi satuan pendidikan dapat di kembangkan oleh lembaga masing-masing dengan memperhatikan potensi dan kelemahan masing-masing.
    b) Tujuan Pendidikan satuan pendidikan
    Artinya,satuan pendidikan harus menyusun program peningkatan mutu yang mencakup tujuan,sasaran,dan target yang akan di capai untuk program jangka pendek maupun program jangka panjang atau strategis.
    c) Menyusun kalender pendidikan,yaitu setiap satuan pendidikan harus menyusun kalender pendidikan sesuai dengan kebutuhan daerah,karakteristik sekolah,kebutuhan peserta didik dan masyarakat dengan memperhatikan kalender,pendidikan sebagaimana tercantum dalam standar isi.
    d) Struktur muatan KTSP
    Struktur KTSP memuat mata pelajaran,muatan lokal,kegiatan pengembangan diri,pengaturan beban belajar,kenaikan kelas,penjurusan,dan kelulusan,dan yang terakhir adalah pendidikan kecakapan hidup.
    e) Silabus
    Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu,yang mencakup standar kompetensi,kompentensi dasar,materi pembelajaran,indikator,penilaian,alokasi waktu,dan sumber belajar yang di siapkan oleh setiap satuan pendidikan
    f) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
    Rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP) merupakan rencana yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang di tetapkan dalam standar isi dan di jabarkan dalam silabus.

    BalasHapus
  7. Mid Smester Telaah Kurikulum
    Nama : Afri rachmadi Surya
    Nim : 0900888201089
    Kls : IV/C
    Mk : Telaah Kurikulum


    Jawaban :

    1.sangat berpengaruh. Karena Guru sebagai pengajar atau pendidik, guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap usaha pendidikan dengan pengajaran. Itulah sebabnya setiap adanya inovasi pembelajaran, khususnya mengenai masalah kurikulum dan peningkatan sumber daya yang dimiliki oleh siswa yang dihasilkan oleh pembelajaran yang sering bermuara pada faktor kemampuan guru. Hal tersebut menunjukkan bahwa guru dituntut untuk senantiasa berperan aktif dan eksis dalam dunia pendidikan.
    Sehubungan dengan prestasi belajar siswa, keahlian dan kepribadian guru merupakan salah satu faktor yang sangat berperan sekaligus menjadi loncatan bagi siswa untuk meraih keberhasilan khususnya prestasi baik dari segi analisis maupun kemampuan mendayagunakan ilmu pengetahuan yang dimilikinya.
    2..
    3.A. separate-subject curriculum
    Kurikulum ini menyajikan segala bahan pelajaran dalam berbagai macam mata pelajran yang terpisah-pisah satu sama lain,seakan aka nada batas pemisah anatara suatu kelas dengan kelas yang lain.
    b. corelated curriculum
    pada dasarnya organisasi kurikulum ini menghendaki agar mata pelajaran satu sama lain ada hubungan,bersangkut paut walaupun mungkin batas-batas yang antara satu sama lain masih dipertahankan.

    4.Komponen2 kurikulum :
    a. Tujuan
    Tujuan pendidikan nasional yang merupakan pendidikan pada tataran makroskopik, selanjutnya dijabarkan ke dalam tujuan institusional yaitu tujuan pendidikan yang ingin dicapai dari setiap jenis maupun jenjang sekolah atau satuan pendidikan tertentu.
    b. Organiasi Kurikulum
    Beragamnya pandangan yang mendasari pengembangan kurikulum memunculkan terjadinya keragaman dalam mengorgansiasikan kurikulum. Setidaknya terdapat enam ragam pengorganisasian kurikulum
    c. Materi Pembelajaran
    Dalam menentukan materi pembelajaran atau bahan ajar tidak lepas dari filsafat dan teori pendidikan dikembangkan. Seperti telah dikemukakan di atas bahwa pengembangan kurikulum yang didasari filsafat klasik (perenialisme, essensialisme, eksistensialisme) penguasaan materi pembelajaran menjadi hal yang utama
    d. Proses Belajar Mengajar
    Filsafat dan teori pendidikan yang melandasi pengembangan kurikulum terdapat perbedaan dalam menentukan tujuan dan materi pembelajaran, hal ini tentunya memiliki konsekuensi pula terhadap penentuan strategi pembelajaran yang hendak dikembangkan. Apabila yang menjadi tujuan dalam pembelajaran adalah penguasaan informasi-intelektual,–sebagaimana yang banyak dikembangkan oleh kalangan pendukung filsafat klasik dalam rangka pewarisan budaya ataupun keabadian, maka strategi pembelajaran yang dikembangkan akan lebih berpusat kepada guru.
    e. Evaluasi Kurikulum
    Evaluasi merupakan salah satu komponen kurikulum. Dalam pengertian terbatas, evaluasi kurikulum dimaksudkan untuk memeriksa tingkat ketercapaian tujuan-tujuan pendidikan yang ingin diwujudkan melalui kurikulum yang bersangkutan

    5..kurikulum dapat diubah dan diperbaharui agar mutu dan kulitas pendidikan nasional bisa ditingkatkan. Dan sesuai dengan kognitif,afektif dan psikomotor siswa dalam pembelajaran agar bias bersaing dengan tingkat yang lebih tinggi pula.
    6.Komponen komponen kurikulum :
    - tujuan,visi dan misi
    - struktur muatan
    -Kalender Pendidikan
    - Silabus
    -RPP

    BalasHapus
  8. jawaban mid smester amin arsada

    1.hubungan kurikulum dengan guru dan kualitas pendidikan?
    Sangat penting karena dalam melaksanakan kurikulum, sebuah kunci keberhasilan dalam pembelajaran adalah seorang Guru. Usaha yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencapai tujuan keberhasilan pendidikan nasional ditentukan oleh guru itu sendiri.
    2. Dalam menyusun kurikulum perlu memperhatikan asas filosofis dan psikologis anak dan psikologis belajar. Mengapa?
    Menyusun kurikulum karena untuk kepentingan anak untuk menciptakan situasi-situasi dimana anak dapat belajar untuk mengembangkan bakatnya. Sehingga anak tersebut bisa terampil.
    3. Jelaskanlah perbedaan separate-subject curriculum dengan corelated curriculum!
    -Separate Subject Curriculum adalah segala bahan pelajaran yang yang terpisah-pisah, yang satu lepas dari yang lain dengan kata lain tidak saling berhubungan.
    -Corelated Curriculum adalah anatara dua mata pelajaran yang berhubungan secara isidental, yang berkaitan dengan mata pelajaran lain.
    4. Jelaskanlah komponen-komponen kurikulum dan bagaimanakah hubungan antara komponen tersebut?
    -Tujuan misi dan visi
    -materi
    -strategi
    -evaluasi
    Hubungannya harus saling berkaitan satu sama lain, agar berhasil
    5. Mengapa kurikulum perlu diubah dan diperbaharui?
    Karena kurikulum melihat kondisi sekolah, dan melihat zaman.
    6. Jelaskanlah komponen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan!
    Komponen kurikulum adalah sebuah rangkaian pelajaran yang akan diberikan kepada siswa

    BalasHapus
  9. 1. Hubungan kurikulum dengan guru dan kualitas pendidikan?
    Di tengah terpuruknya peradaban bangsa , gencarnya informasi, dan lepasnya sekat antar bangsa lewat teknologi informasi, peran guru kian strategis untuk mengambil salah satu peran yang menopang pada tegaknya peradaban manusia Indonesia di waktu yang akan datang. Sebuah harapan yang meniscaya, tidak cukup dengan verbalitas tetapi dibutuhkan kerja professional, kreatifitas dan efektifitas untuk mencapai cita-cita yang ditargetkan. Keberhasilan dunia pendidikan tidak dapat dilepaskan dari peran komponen yang terlibat di dalamnya; guru (sekolah). Guru adalah orang yang berperan penting dalam membuat dan mengatur sebuah kurikulum yang berpengaruh kepada baik atau tidaknya suatu kualitas pendidikan.

    2. Dalam menyusun kurikulum perlu memperhatikan asas filosofis dan psikologis anak dan psikologis belajar. Mengapa?
    Karena, para pengembang kurikulum harus mempunyai filasafat yang jelas tentang apa yang mereka junjung tinggi. Filsafat yang kabur akan menimbulkan kurikulum yang tidak menentu arahnya, selain memperhatikan asas filosofis, tentunya dalam menyusun kurikulum juga harus memperhatikan psikologis anak, yakni sekolah didirikan untuk anak, untuk kepentingan anak yankni menciptakan situasi-situai dimana anak dapat bekajar untuk mengembangkan bakatnya, pekembangan anak. Dan terakhir psikologi belajar, yaitu bagaimana proses belajar anak.

    3. Jelaskanlah perbedaan separate-subject curriculum dengan corelated curriculum!
    Bentuk separated subject terdiri dari mata pelajaran-mata pelajaran yang terpisah satu dengan yang lain, sedangkan corelated curriculum, mata pelajaran-mata pelajaran dihubungkan antara satu dengan yang lain, sehingga ruang lingkupnya menjadi lebih luas.

    4. Jelaskanlah komponen-komponen kurikulum dan bagaimanakah hubungan antara komponen tersebut?
    • Tujuan kurikulum
    • Komponen isi/materi
    • Strategi pelaksanaan kurikulum
    • Evaluasi kurikulum
    Hubungan komponen kurikulum sangatlah berkaitan, di mulai dari menentukan tujuan dan di akhiri dengan mengevaluasi hasil belajar, maka akan tercapailah tujuan dari sebuah kurikulum tersebut.

    BalasHapus
  10. 5. Mengapa kurikulum perlu diubah dan diperbaharui?
    Dalam dunia pendidikan, salah satu kunci untuk menentukan kualitas lulusan adalah kurikulum pendidikannya. Karena pentingnya maka setiap kurun waktu tertentu kurikulum selalu dievaluasi untuk kemudian disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, kemajuan teknologi dan kebutuhan pasar. Departemen Pendidikan Nasional juga secara teratur melakukan evaluasi terhadap peraturan yang berkait dengan kurikulum.
    Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi, pengetahuan dan metode belajar semakin lama semakin maju pesat. Oleh karena itu, tidak mungkin dalam suati instansi pendidikan tetap mempertahankan kurukulum lama; hal ini dikhwatirkan akan mengakibatkan suatu instansi sekolah tidak dapat sejajar dengan sekolah-sekolah yang lain.

    6. Jelaskanlah komponen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan!
    • Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan
    Yang terdiri dari : Tujuan Pendidikan Dasar, Tujuan Pendidikan Menengah dan Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan.
    • Struktur dan muatan kurikulum KTSP
     Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
     Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
     Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
     Kelompok mata pelajaran estetika
     Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan
    Di samping itu, materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri juga termasuk dalam isi kurikulum.
    • Kegiatan Pengembangan Diri
    Bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.
    • Pengaturan Beban Belajar
     Beban belajar dalam sistem paket yang digunakan oleh tingkat satuan pendidikan adalah SD/MI/SDLB/SMP/MTs/SMPLB, baik kategori standar maupun mandiri, SMA/MA/SMALB/SMK/MAK kategori mandiri.
     Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran pada system paket dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.
     Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri yang tidak terstruktur dalam system paket.
     Alokasi waktu praktek. 2 jam kegiatan praktek sekolah setara dengan 1 jam tatap muka.
     Alokasi waktu untuk tatap muka,.
     Satu SKS pada SMP/MTs terdiri atas 40menit tatap muka, 20menit kegiatan terstruktur dan kegiatan mandiri
    • Ketuntasan Belajar
    Ketuntasan belajar tiap indikatoryang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0-100%. Kriteria ideal untuk masing-masing indikator adalah 75%.
    • Kenaikan kelas dan Kelulusan
    Sesuai dengan ketentuan PP19/2005 Pasal 72 ayat 1, peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah:
     Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
     Memperoleh nilai minimal baik
     Lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
     Lulus ujian nasional
    • Penjurusan
    Penjurusan dilakukan pada kelas XI dan XII di SMA/MA. Kriteria penjurusan di atur oleh direktorat teknis terkait.
    • Pendidikan Kecakapan Hidup
    • Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
    • Kalender Pendidikan

    NAMA : DESSY RATNASARI
    NIM : 0900888201092

    BalasHapus